Supervisi dan Evaluasi tahap II Sekolah Model SKM-PBKL-PSB di SMA Negeri 4 Jambi

Sabtu, 19 Maret 2011 ·


Supervisi dan Evaluasi tahap II Sekolah Model SKM-PBKL-PSB
Direktorat Pembinaan SMA pada tahun 2010 memprogramkan kegiatan pembinaan pemenuhan SNP, pelaksanaan PBKL, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan manajemen sekolah dan pelaksanaan KTSP di 132 SMA melalui program SMA Model Pembinaan SKM-PBKL-PSB. Salah satu kegiatan pembinaan yang diberikan kepada sekolah tersebut adalah supervisi dan evaluasi. Kegiatan supervisi dan evaluasi dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap I telah dilaksanakan pada akhir bulan September 2010. Sedangkan tahap II dilaksanakan awal Desember 2010 secara bertahap di 132 SMA. Fokus supervisi dan evaluasi tahap II adalah konfirmasi perkembangan kondisi sekolah meliputi pemenuhan profil SMA Model Pembinaan SKM-PBKL-PSB, keterlaksanaan program, dan kondisi penampilan, pelayanan dan prestasi sekolah.
Pada tanggal 13-14 Desember 2010 telah dilaksanakan Supervisi dan Evaluasi tahap II Sekolah Model SKM-PBKL-PSB dari Direktorat Pembinaan SMA di SMA Negeri 4 Jambi, adapun sebagai supervisor yaitu Ibu Enung S.Sunarya, S.Pd,M.Ed dan Bapak Ardiansyah Paramita, S.Hut .
Kegiatan hari pertama tanggal 13 Desember 2010 yaitu Ibu Endang Werdiningsih sebagai supervisor melakukan temu awal dengan Kepala Sekolah, PJP Sekolah Model, wakasek, dan guru. Setelah itu dilakukan studi dokumen hasil Verifikasi (bulan April) dibandingkan dengan hasil supervisi dan evaluasi tahap I (bulan September) Sekolah Model.
Adapun proses pelaksanaan supervisi dan evaluasi SMA Model Pembinaan SKM-PBKL-PSB tahap II dijelaskan dalam panduan meliputi tujuan, jadwal pelaksanaan, petugas, tahapan pelaksanaan, perangkat supervisi dan evaluasi, pelaporan, tata tertib dan pembiayaan. Dari hasil supervisi dan evaluasi tahap II ini diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi yang akurat tentang kondisi sebenarnya di sekolah dalam pemenuhan SNP, keterlaksanaan PBKL, PSB dan KTSP.
Didalam petunjuk pelaksanaan supervisi dan evaluasi tahap II ada 7 form yang harus diisi dalam kegiatan supervisi dan evaluasi tersebut, yaitu :
  1. Form 1 adalah IDENTIFIKASI PENYEBAB MENURUNNYA HASIL SUPERVISI DAN EVALUASI TAHAP I TERHADAP HASIL VERIFIKASI
  2. Form 2 adalah KETERLAKSANAAN KESEPAKATAN HASIL PERTEMUAN PREANGER-BANDUNG
  3. Form 3 adalah PERKEMBANGAN KONDISI INDIKATOR PROFIL SMA MODEL PEMBINAAN SKM-PBKL-PSB (BERDASARKAN TINDAK LANJUT PREANGER/INFORMASI DARI SEKOLAH)
  4. Form 4 adalah PENYESUAIAN HASIL SUPERVISI DAN EVALUASI TAHAP I BERDASARKAN PENYEMPURNAAN SUBSTANSI INDIKATOR
  5. Form 5 adalah PERKEMBANGAN KONDISI INDIKATOR PENAMPILAN, PELAYANAN, DAN PRESTASI
  6. Form 6 adalah META EVALUASI SKOR 4 PADA BEBERAPA INDIKATOR KOMPONEN SI, SKL, STANDAR PROSES, STANDAR PENGELOLAAN, DAN STANDAR PENILAIAN
  7. Form 7 adalah PERKEMBANGAN KETERLAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH (OKTOBER-NOVEMBER 2010)
Pada hari kedua tanggal 2 Desember 2010 dilakukan studi lapangan dan konfirmasi data/dokumen yang dilakukan oleh supervisor Ibu Enung S.Sunarya, S.Pd,M.Ed dan Bapak Ardiansyah Paramita, S.Hut dari Direktorat Pembinaan SMA. dan sekaligus pembuatan laporan akhir dari supervisi dan evaluasi tahap II baik dicetak dan via email
Hasil dari supervisi dan evaluasi tahap II secara umum ada peningkatan perkembangan dari hasil supervisi tahap II ini dalam pemenuhan SNP, keterlaksanaan PBKL, PSB dan KTSP.
Adapun Hasil Supervisi dan Evaluasi Tahap I dengan Tahap II sebagai berikut
No. ProgramKategori Tahap IKategori Tahap II
1. SKM, PBKL, PSB Standar II Standar II
2. SKM Standar II Standar II
3. PBKL - -
4. PSB Baik Baik
5. KTSP Baik Baik
6. Penampilan, Pelayanan, dan Prestasi Baik Baik
Demikian Hasil Supervisi dan Evaluasi Tahap II Sekolah Model Pembinaan SKM-PBKL-PSB yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jambi.
Semoga dengan hasil supervisi dan evaluasi tahap II ini dapat menjadi memacu kinerja seluruh civitas SMA Negeri 4 Jambi dalam menjalankan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.

0 komentar:

Cari Blog Ini

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Berdiri sejak 1979, saat ini merupakan SMA terbesar di Provinsi Jambi

About Me

Foto saya
Jambi, Jambi, Indonesia
Berdiri sejak 1979, saat ini merupakan SMA terbesar di Provinsi Jambi