LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI JAMBI

Sabtu, 19 Maret 2011 ·



Lomba Sekolah Sehat (LSS) dilaksanakan sejak tahun 1991. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh instansi terkait di berbagai tingkatan administrasi. Disamping itu juga dalam rangka memotivasi dan peningkatan pembinaan terhadap Usaha Kesehatan Sekolah serta untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat para peserta didik, dan meningkatkan derajat kesehatan secara utuh.
Pelaksanaan lomba sekolah sehat ini merupakan kegiatan yang bersifat nasional dan strategis, artinya kegiatan ini dilakukan serentak dan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan dilakukan setiap tahun sehingga melalui kegiatan ini diharapkan tidak semata-mata meningkatkan kualitas pendidikan dan usaha peningkatan menuju sekolah sehat tapi dapat juga memberikan kontribusi dalam pencapaian Visi dan Misi Kota Jambi.
Untuk mendukung pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat tersebut, SMA Negeri 4 Jambi yang ditunjuk mewakili SMA/SMK se-Kota Jambi terus berbenah diri dengan membangun dan merenovasi sarana penunjang, antara lain renovasi ruang UKS, ruang OSIS, sarana WC siswa dan Guru, kantin sekolah, sarana irigasi, parkir, westafel, taman sekolah, dan lain-lain. Perubahan itu dapat dilihat sebagai berikut :

Untuk itu dalam rangka penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Jambi tersebut. Pada tanggal 25 November 2010, Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jambi melakukan penilaian terhadap SMA Negeri 4 Jambi, yang mewakili SMA/SMA se-kota Jambi. Dalam penilaian tersebut dihadiri oleh beberapa unsur pemerintah daerah Kota Jambi.
Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 4 Jambi mengatakan bahwa ajang penilaian Lomba Sekolah Sehat ini Jambi tentunya akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan dunia pendidikan di Kota Jambi untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam meng-integrasi-kan pemikiran dan kegiatan pada usaha peningkatan kesehatan sekolah menuju sekolah yang sehat dan berstandar nasional bahkan internasional. Lebih lanjut dikatakan ”Dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan fungsi sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius serta ditumbuh-kembangkan secara seimbang sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat berfungsi sebagai wahana untuk peningkatan sumber daya manusia sebagai generasi penerus bangsa”.
Pada kegiatan Lomba Sekolah Sehat ini, yang menjadi titik berat perhatian pembinaannya berada pada sekolah dan lingkungannya yang secara seimbang baik fisik maupun non fisik, dimana kegiatan belajar mengajar, sarana dan prasarana serta kegiatan ekstra lainnya yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan di sekolah sehingga penilaian sekolah sehat ini akan memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh instansi terkait di berbagai tingkatan administrasi.
Pengembangan fungsi sekolah terutama fungsi pendidikan, pengajaran, dan sosialisasi menjadi dasar dalam rangka terwujudnya pengembangan kecerdasan dan intlektual serta pengetahuan tentang kesehatan yang optimal pada anak didik. hal itu secara langsung juga berpengaruh pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang ditentukan oleh keberhasilan di bidang pendidikan, dan kesehatan. oleh karena itu, Indek Pembangunan Manusia (IPM) menjadi perhatian utama pemerintah dari pusat sampai ke daerah, termasuk Kota Jambi. Disamping itu Indek Pembangunan Manusia (IPM) juga merupakan tolak ukur daya saing suatu daerah dengan daerah lainya dan antara suatu bangsa dengan bangsa lainnya. (posted by cr)

0 komentar:

Cari Blog Ini

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Berdiri sejak 1979, saat ini merupakan SMA terbesar di Provinsi Jambi

About Me

Foto saya
Jambi, Jambi, Indonesia
Berdiri sejak 1979, saat ini merupakan SMA terbesar di Provinsi Jambi